Mahalnya Sebuah Kepercayaan Oleh Customer

Posted by Lionel on January 28, 2010


Begitu mahalnya sebuah kepercayaan, dan anda pasti tau bahwa resiko kehilangan kepercyaan oleh pelanggan adalah sebuah kerugian yang sangat besar. Kepercyaan itu seperti pisau bermata dua, bisa memajukan bisnis anda tapi bisa juga menjerusmuskan bisnis anda. 

Kalau anda jujur dan produk yang anda jual benar-benar bisa memberikan solusi bagi pembeli, maka bisnis anda akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Artinya anda bisa di percaya oleh pelanggan anda, dan sebuah keuntungan yang tak ternilai harganya. Kenapa? karena untuk mendapatkan sebuah kepercayaan tidak semudah membalikan telapak tangan, ada harga yang harus di bayar. Begitu pun sebaliknya, apabila pelanggan anda kecewa dengan produk atau pelayanan anda maka kerugian yang anda dapat. Karena bisa saja pelanggan anda akan mulai meninggalkan anda satu persatu. 

Contoh kasus, dimana saya sendiri yang mengalami hal ini. Dimana seorang rekan di tempat saya bekerja meminjam uang, ya walaupun ga gede-gede amat, tapi cukuplah untuk membayar sewa internet dua bulan. Diama awalnya dia meminjam uang dengan janji akan mengembalikannya dalam satu minggu kedepan. Setelah satu minggu kemudian saya tunggu-tunggu ternyata apa yang telah di janjikan tidak benar-benar terjadi. Disini saya masih memakluminya karena dia berkata jujur bahwa dia belum punya uang untuk membayar utang tsb.

Memasuki minggu kedua, belum juga di bayar, alasannya macam-macam, nah dari sini saya mulai kecewa dan berjanji bahwa hal yang sama tidak akan terjadi lagi. Dan sampai saat ini pun uang tersebut belum lunas, dan saya sendiri sudah mulai jenuh dengan alasan yang di berikan. Itulah harga sebuah kepercayaan, dimana sekalinya kita tidak di percaya orang lain, maka diri anda akan mengalami kerugian.

Hargailah kepercayaan yang telah pelanggan berikan untuk anda, dan anda pun akan merasakan manfaat dari kepercayaan itu. Dimana bisnis anda akan terus berkembang, dan berkembang siring dengan makin meningkatnya kepercayaan pelanggan terhadap layanan yang anda berikan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment